Kamis, 01 Desember 2016

PENTINGNYA LEMBAGA MEMILIKI VISI DAN MISI


Pentingnya visi dan misi bagi suatu lembaga? Kenapa yah? Berdasarkan pengalaman saya pasti setiap lembaga punya visi dan misi, entah itu yang berderat bagaikan kereta atau ada juga yang seperti ekor kelinci pendek atau singkat. Nah ada apa dengan si visi dan misi ini mengapa selalu dibutuhkan dalam suatu lembaga baik yang baru berdiri maupun yang sudah lapuk sekalipun.
Dalam hal pencapaian suatu tujuan di perlukan suatu perencanaan dan tindakan nyata untuk dapat mewujudkannya, secara umum bisa di katakan bahwavisi dan misi adalah suatu konsep perencanaan yang disertai dengan tindakan sesuai dengan apa yang di rencanakan untuk mencapai suatu tujuan.
Faktor-faktor Penyusunan Visi dan Misi:
1.      Sejarah
2.      Preferensi masa kini
3.      Lingkungan pasar
4.      Sumber daya
5.      Kompetensi yang membedakan
Menurut Wibisono (2006, p. 43), visi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan. Dapat dikatakan bahwa visi merupakan pernyataan want to be dari organisasi atau perusahaan. Visi juga merupakan hal yang sangat krusial bagi perusahaan untuk menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka panjang.Dalam visi suatu organisasi terdapat juga nilai-nilai, aspirasi serta kebutuhan organisasi di masa depan seperti yang diungkapkan oleh Kotler yang dikutip oleh Nawawi (2000:122), Visi adalah pernyataan tentang tujuan organisasi yang diekspresikan dalam produk dan pelayanan yang ditawarkan, kebutuhan yang dapat ditanggulangi, kelompok masyarakat yang dilayani, nilai-nilai yang diperoleh serta aspirasi dan cita-cita masa depan. Jadi dapat disimpulkan bahwa visi adalah cita - cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan untuk menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka panjang.
Visi membicarakan hal-hal berikut:
1.      Wawasan yang menjadi tolak ukut pertumbuhan suatu lembaga
2.      Sosok suatu lembaga dimasa mendatang
3.      Bentuk usaha suatu lembaga sebesar apa
4.      Alasan mendirikan suatu lembaga
5.      Imajinasi mengenai posisi lembaga akan dibawa kemana
Visi yang ideal memiliki kriteria sebagai berikut:
1.      Sederhana
2.      Terukur
3.      Terjangkau
4.      Beralasan
5.      Ambisius
6.      Periode waktu
7.      Strategis
8.      Prespektif kondisi
9.      Komunikatif
Sedangkan Misi (mission) adalah apa sebabnya kita ada (why we exist / what we believe we can do). Menurut Prasetyo dan Benedicta (2004:8), Di dalam misi produk dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan, pasar yang dilayani dan teknologi yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam pasar tersebut. Pernyataan misi harus mampu menentukan kebutuhan apa yang dipuasi oleh perusahaan, siapa yang memiliki kebutuhan tersebut, dimana mereka berada dan bagaimana pemuasan tersebut dilakukan. Menurut Drucker (2000:87), pada dasarnya misi merupakan alasan mendasar eksistensi suatu organisasi. Pernyataan misi organisasi, terutama di tingkat unit bisnis menentukan batas dan maksud aktivitas bisnis perusahaan. Jadi perumusan misi merupakan realisasi yang akan menjadikan suatu organisasi mampu menghasilkan produk dan jasa berkualitas yang memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan pelanggannya (Prasetyo dan Benedicta, 2004:8). Menurut Wheelen sebagaimana dikutip oleh Wibisono (2006, p. 46-47) misi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan tujuan atau alasan eksistensi organisasi yang memuat apa yang disediakan oleh perusahaan kepada masyarakat, baik berupa produk ataupun jasa. Jadi dapat disimpulkan bahwa Misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh lembaga dalam usahanya mewujudkan Visi. Dalam operasionalnya orang berpedoman pada pernyataan misi yang merupakan hasil kompromi intepretasi Visi. Misi merupakan sesuatu yang nyata untuk dituju serta dapat pula memberikan petunjuk garis besar cara pencapaian Visi.
Unsur-unsur pokok sebuah misi:
1.      Kiat dan usaha untuk mewujudkan visi
2.      Nilai-nilai dasar suatu lembaga
3.      Segemen pasar dan pelanggan
4.      Pernyataan tentang produk atau jasa yang dimasuki (output)
5.      Kenyakinan yang kuat, asumsi-asumsi dan budaya kerja dengan orientasi mutu
6.      Pernyataan strategis jangka panjang dan pendek
Misi akan efektif bila bersifat:
1.      Ringkas dan jelas
2.      Unik
3.      Fleksibel
4.      Membantu dalam mengambil keputusan
5.      Budaya suatu lembaga
6.      Memberikan inspirasi

Jadi visi dan misi itu sangat penting guna mencapai suatu tujuan yang hendak dicapai, hal ini juga dapat kita gunakan dalam kehidupan kita, punya visi dan misi sehingga kita sedikit banyak penya gambaran tentang arah hidup kita dan masa depan kita.

3 komentar:


  1. artikel yang sangat bermanfaat, terima kasih penjelasannya
    Visit UMA
    Visit P2MAL

    BalasHapus
  2. Bagaimana organisasi membayangkan posisi dan arah yang akan diambil di masa depan? Kunjungi Kami Telkom University

    BalasHapus
  3. ernyataan misi harus mampu menentukan kebutuhan apa yang dipuasi oleh perusahaan, siapa yang memiliki kebutuhan tersebut? Tel U

    BalasHapus