Pentingnya
visi dan misi bagi suatu lembaga? Kenapa yah? Berdasarkan pengalaman saya pasti
setiap lembaga punya visi dan misi, entah itu yang berderat bagaikan kereta
atau ada juga yang seperti ekor kelinci pendek atau singkat. Nah ada apa dengan
si visi dan misi ini mengapa selalu dibutuhkan dalam suatu lembaga baik yang
baru berdiri maupun yang sudah lapuk sekalipun.
Dalam hal
pencapaian suatu tujuan di perlukan suatu perencanaan dan tindakan nyata untuk
dapat mewujudkannya, secara umum bisa di katakan bahwavisi dan misi adalah suatu konsep perencanaan
yang disertai dengan tindakan sesuai dengan apa yang di rencanakan untuk
mencapai suatu tujuan.
Faktor-faktor Penyusunan Visi dan Misi:
1. Sejarah
2. Preferensi
masa kini
3. Lingkungan
pasar
4. Sumber
daya
5. Kompetensi
yang membedakan
Menurut Wibisono
(2006, p. 43), visi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan
cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di
masa depan. Dapat dikatakan bahwa visi merupakan
pernyataan want to be dari organisasi atau perusahaan. Visi juga merupakan hal
yang sangat krusial bagi perusahaan untuk menjamin kelestarian dan kesuksesan
jangka panjang.Dalam visi suatu organisasi terdapat juga nilai-nilai, aspirasi
serta kebutuhan organisasi di masa depan seperti yang diungkapkan oleh Kotler
yang dikutip oleh Nawawi (2000:122), Visi adalah pernyataan tentang tujuan
organisasi yang diekspresikan dalam produk dan pelayanan yang ditawarkan, kebutuhan
yang dapat ditanggulangi, kelompok masyarakat yang dilayani, nilai-nilai yang
diperoleh serta aspirasi dan cita-cita masa depan. Jadi dapat disimpulkan bahwa visi adalah
cita - cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di
masa depan untuk menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka panjang.
Visi membicarakan
hal-hal berikut:
1.
Wawasan yang menjadi tolak ukut
pertumbuhan suatu lembaga
2.
Sosok suatu lembaga dimasa mendatang
3.
Bentuk usaha suatu lembaga sebesar apa
4.
Alasan mendirikan suatu lembaga
5.
Imajinasi mengenai posisi lembaga akan
dibawa kemana
Visi yang ideal memiliki kriteria
sebagai berikut:
1.
Sederhana
2.
Terukur
3.
Terjangkau
4.
Beralasan
5.
Ambisius
6.
Periode waktu
7.
Strategis
8.
Prespektif kondisi
9.
Komunikatif
Sedangkan Misi
(mission) adalah apa sebabnya kita ada (why we exist / what we
believe we can do). Menurut Prasetyo dan Benedicta (2004:8), Di
dalam misi produk dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan, pasar yang dilayani
dan teknologi yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam pasar
tersebut. Pernyataan misi harus mampu menentukan kebutuhan apa yang dipuasi
oleh perusahaan, siapa yang memiliki kebutuhan tersebut, dimana mereka berada
dan bagaimana pemuasan tersebut dilakukan. Menurut
Drucker (2000:87), pada dasarnya misi merupakan alasan mendasar eksistensi
suatu organisasi. Pernyataan misi organisasi, terutama di tingkat unit bisnis
menentukan batas dan maksud aktivitas bisnis perusahaan. Jadi perumusan misi
merupakan realisasi yang akan menjadikan suatu organisasi mampu menghasilkan
produk dan jasa berkualitas yang memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan
pelanggannya (Prasetyo dan Benedicta, 2004:8). Menurut Wheelen sebagaimana
dikutip oleh Wibisono (2006, p. 46-47) misi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan tujuan
atau alasan eksistensi organisasi yang memuat apa yang disediakan oleh perusahaan
kepada masyarakat, baik berupa produk ataupun jasa. Jadi dapat disimpulkan
bahwa Misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh lembaga
dalam usahanya mewujudkan Visi. Dalam operasionalnya orang berpedoman pada
pernyataan misi yang merupakan hasil kompromi intepretasi Visi. Misi merupakan
sesuatu yang nyata untuk dituju serta dapat pula memberikan petunjuk garis
besar cara pencapaian Visi.
Unsur-unsur
pokok sebuah misi:
1.
Kiat dan usaha untuk mewujudkan visi
2.
Nilai-nilai dasar suatu lembaga
3.
Segemen pasar dan pelanggan
4.
Pernyataan tentang produk atau jasa yang
dimasuki (output)
5.
Kenyakinan yang kuat, asumsi-asumsi dan
budaya kerja dengan orientasi mutu
6.
Pernyataan strategis jangka panjang dan
pendek
Misi akan efektif bila bersifat:
1.
Ringkas dan jelas
2.
Unik
3.
Fleksibel
4.
Membantu dalam mengambil keputusan
5.
Budaya suatu lembaga
6.
Memberikan inspirasi
Jadi visi dan misi itu sangat penting
guna mencapai suatu tujuan yang hendak dicapai, hal ini juga dapat kita gunakan
dalam kehidupan kita, punya visi dan misi sehingga kita sedikit banyak penya
gambaran tentang arah hidup kita dan masa depan kita.
BalasHapusartikel yang sangat bermanfaat, terima kasih penjelasannya
Visit UMA
Visit P2MAL
Bagaimana organisasi membayangkan posisi dan arah yang akan diambil di masa depan? Kunjungi Kami Telkom University
BalasHapusernyataan misi harus mampu menentukan kebutuhan apa yang dipuasi oleh perusahaan, siapa yang memiliki kebutuhan tersebut? Tel U
BalasHapus