Kamis, 01 Desember 2016

MANUSIA BUTUH MOTIVASI?


Siapa yang butuh motivasi? Jawabannya adalah semua orang, yah sebenarnya siapapun orangnya pasti membutuhkan motivasi untuk menghadapi segala problema pelik yang ada di dunia ini. Dari pengalaman saya sendiri, saya selalu butuh dorongan dari orang-orang terdekat untuk menyelasaikan suatu permasalahan yang saya hadapi, entah mengapa itu merupakan hal penting dalam hidup. Motivasi sendiri bisa bersifat internal maupun eksternal. Mengapa manusia membutuhkan motivasi? Sebenarnya apa itu motivasi?
Motivasi adalah…..
-          Gairah atau keinginan untuk melakukan sesuatu
-          Elemen penting dalam menentukan tujuan yang hendak dicapai
-          Sebuah kekuatan pendorong yang membuat orang bergerak untuk melakukan sesuatu
Setiap manusia membutuhkan dorongan positif yang berasal dari luar dirinya sehingga dia bisa menyadari keberadaan dan segala potensi yang ada pada dirinya. Dengan motivasi itu, seorang individu bisa bertindak dengan tepat untuk mencapai tujuannya.
Psikoterapis, Hipnoterapis, Trainer SDM, Trainer Hipnoterapi, Ir. Henrikus, SPsi, CHT, mengatakan, setiap orang, apapun status dan bidang pekerjaanya, memerlukan motivasi dari orang lain maupun dari dalam dirinya sendiri.
“Motivasi juga untuk merubah belief seseorang sehingga dapat menghilangkan mental blok yang menjadi penghambat kesuksesannya. Dengan demikian memudahkan individu untuk merubah diri menjadi selalu positif,”
Seseorang harus terus mejaga dan meningkatkan motivasi dalam dirinya. Karena kadang kala motivasi pada diri seseorang bisa hilang karena banyak factor. Tetapi yang paling utama adalah faktor internal dari dalam dirinya yang disebut Belief system dan Self Image (konsep diri) yang terletak dipikiran bawah sadarnya.
“Bila keduanya hal itu bersifat negatif maka seseorang bisa menjadi pesimif, mudah putus asa, fighting spiritnya rendah, acuh. Dan hal ini bisa menyebabkan dia kehilangan motivasinya,” jelas dosen bidang ilmu psikologi untuk mata kuliah Psi. Abnormal, Patologi Sosial dan Psikoterapi, Psikologis Klinis, interpersonal Skill ini.
Karena itu, motivasi sangat penting pada diri seseorang. Motivasi menjadi elemen utama kita. "Ibaratnya seperti bahan bakar yang bisa membakar semangat kita untuk mencapai cita-cita, harapan dan tujuan,” katanya.
Namun perlu ditekankan yang menjadi motivator utama untuk sukses adalah diri sendiri. Bukan orang lain, buku motivasi, nasihat para motivator, dan segala sesuatu yang kita pelajari akan menjadi sia-sia jika kita tidak punya kemauan untuk menerapkannya dalam strategi dan perencanaan kita untuk menggapai keberhasilan. Dengan demikian jangan pernah kehilangan motivasi yaaah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar