Kamis, 01 Desember 2016

APA ITU FILSAFAT???


FILSAFAT, satu kata yang terdengar sangat membingungkan. Namun filsafatlah yang mampu memberikan pencerahan tentang sesuatu yang dipertanyakan dan dipermasalahkan. Mengapa kita perlu belajar filsafat, kita perlu belajar filsafat Untuk mengetahui sejak kapan munculnya ilmu pengetahuan Agar mampu berpikir sistematis, kritis untuk memperoleh kebenaran. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas apa itu filsafat.
Dari sisi kebahasaan, Kata filsafat berasal dari bahasa Yunani, yaitu philosophia. Philo=cinta Sophia= kebijaksanaan/kebenaran. Jadi philosophia adalah orang yang mencintai kebenaran, sehingga berupaya memperoleh dan memilikinya. Kata philosophia ditransformasikan ke berbagai bahasa. Dalam bahsa arab disebut falsafah. Dalam bahsa Indonesia disebut falsafat/filsafat. Dalam bahsa Belanda dan Jerman disebut Philosophie.
Dari sisi filsafat sebagai ilmu, Plato, fisuf besar Yunani mengatakan, filsafat adalah ilmu pengetahuan yang berusaha mencapai kebenaran yang asli, karena kebenaran mutlak di tangan Tuhan. Atau dengan singkat dikatakan pengetahuan tentang segala yang ada. Aristoteles, murid Plato mengatakan, filsafat adalah ilmu pengetahuan yang meliputi kebenaran yang terkandung di dalamnya ilmu matafisika, logika, retorika, politik, sosial budaya dan estetika. Alfarabi, Filsuf besar muslim dengan gelar Aristoteles ke 2, mengatakan Filsafat adalah pengetahuann tentang yang ada menurut hakikatnya yang sebenarnya
Immanuel Kant, Filsuf barat dengan gelar raksasa pemikir Eropa, mengatakan filsafat adalah ilmu pokok dan pangkal segala pengetahuan yang mencakup di dalamnya empat persoalan:
1.      apa dapat kita ketahui, dijawab oleh  metafisika
2.      apa yang boleh kita kerjakan, dijawab oleh etika
3.      apa yang dinamakan manusia, dijawab oleh antropologi.
4.      sampai dimana harapan kita, dijawab oleh agama.


Itulah filsafat, saya sendiri berpendapat bahwa filsafat itu suatu ilmu pencarian, mengapa saya mengatakan demikian karena filsafat itu suatu ilmu yang terus mencari kebenaran dengan menghubungan segala aspek dalam kehidupan ini. Sehingga penting kiranya kita mengetahui apa itu filsafat karena sesungguhnya kita telah berfilsafat dalam menjalani kehidupan ini, banyak hal yang terjadi didunia ini yang terus kita cari kebenaran dan hakekatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar